Wednesday, March 12, 2008

a sharp glance about MOSS part 1

"A sharp glance about MOSS" title yang sangat meyakinkan untuk seorang amatir seperti daku -ehm......-, sebenarnya cuma pengen mencoba -dibatasi kemampuan daku untuk 'menjelaskan' suatu informasi yang buruk- menuangkan apa yang sudah ditangkap tentang MOSS.

Here we go.........

MOSS 2007 aka Microsoft Office Sharepoint Server 2007 merupakan suatu 'tools' yang ditawarkan oleh Microsoft untuk meng-cover 'berbagai' kebutuhan suatu perusahaan, daku mengistilahkan berbagai kebutuhan karena feature yang ditawarkan MOSS tersebut buanyak buanget. Waduh..... kok jadi susah mo mulai dari mana ya??? apa dimulai dari yang berhubungan dengan namanya ya...

Seperti yang tertera di 'nama lengkap' MOSS, jelas ini adalah versi terbaru dari 'teknologi' yang menggunakan istilah Sharepoint, yaitu penerus dari Sharepoint Portal 2003 -kalo ga salah, daku lom pernah nyoba-. Selain itu keliatan juga kalo MOSS masih 'bersodara' ama Office, yah masih termasuk clan Office Family gitu deh, karena pada dasarnya -kalo boleh ngutip dari beberapa sumber-

"Sharepoint dibuat untuk 'menyatukan' dan meningkatkan fungsi dari Office Family, seperti wadah tetapi dengan adanya wadah tersebut fungsi-fungsi dari masing-masing dapat ditingkatkan bahkan dapat saling bekerjasama, yah bisa diandaikan dengan istilah sono seperti one-stop-shopping gitu..... -apa ga lebih tepat kalo diistilahin one-stop-access???-"

Mendapat penjelasan ini, daku jadi mengandaikan seperti toserba aja, walau ada toko-toko yang menjual kebutuhan spesifik saja -misal toko sembako yang jelas hanya menjual sembako doang, toko sayur yang menjual sayuran doang, ato toko buah yang cuma ngejual buah doang, hm..... penjelasan yang ga penting ya?- tapi dengan adanya toserba biasanya user lebih memilih berbelanja di toserba saja, satu toko sedia semua kebutuhan butul ga??? Selain itu user dapet add value juga, bisa jadi tempet cuci mata skalian ato tempet reunian kalo ga sengaja ketemu temen lama skalian tuker2an gosip terbaru -kalo pernyataan yang terakhir ini cenderung opini pribadi hihihihihi....-.

Yah tapi ternyata gambaran tersebut ga da yang salah. Memang salah satu feature menonjol yang diusung oleh MOSS adalah collaboration. Walau ga yakin bener mana yang seharusnya dimaksud oleh si penciptanya tentang kolaborasi tersebut, kalo daku nangkepnya dengan menggunakan MOSS jelas user-user dapat saling bertukar data (data sharing), bisa maen 'royokan' untuk satu file gitu -seperti pengandaian tuker gosip diatas-, jadi cukup dengan satu file beberapa user kasarannya bisa ngebuat bareng-bareng -tuh kan malah muter-muter njelasinnya........ gimana ya biar jelas???-.
Ato bisa juga kolaborasi disini dimaksudkan tentang Office Family yang dapat bekerja sama dengan MOSS??? Karena setahu daku Office Family, seperti Word, Excel, Infopath ngedukung banget si MOSS.
Nah loh..... malah bingung, ntaran deh dipastiin lagi.......

Oya belum sempet ngomongin basic-nya ya? menurut references yang dibaca MOSS dibangun diatas .Net Framework 3.0 dan Windows Workflow Foundation (WF), berjalan diatas platform IIS 6.0 -minimum-, membutuhkan SQL Server 2000 ato 2005 -lebih baek yang 2005 biar BI bisa berjalan baik-.

Nulis apa lagi ya?????
Sementara ini dulu, kebingungan mo nulis apa lagi, karena terlalu banyaknya yang mo diceritain tentang MOSS. Smoga besok bisa dilanjutin.

To be continued...

No comments: