Tuesday, April 8, 2008

sorrow

Weekend kemaren daku pulang ke Jogja, ada urusan ama Kak. Sabtu pagi sekitar jam 8 cabut ke Jogja. Langsung ke kampus Kak. Urusan selese sekitar jam 4 sore. Pulang ke rumah, istirahat.

Minggu pagi beberes rumah. Siang pengennya mo maen bareng Kak sehabis beberes rumah. Rumah nyaris kelar diberesin, dah niatan mo jalan, Kak ditelpon Ma. Dapet kabar kalo ada kerabat yang meninggal dunia -Om-. Bener-bener shock. Baru seminggu lalu daku bercanda gurau ama beliau. Penyebabnya kecelakaan.

Teringat keluarga yang beliau tinggalkan. Adek sepupu daku yang masih 2,5 taun dan 1,5 taun harus kehilangan figur ayahnya. Sedih. Dimana mereka baru mulai mengenal ayahnya, merasakan kasih sayangnya, tiba-tiba harus kehilangan semua itu.

Om, figur ayah yang baek, sayang kepada keluarganya walau tanpa terlihat memanjakan anak-anaknya, betul-betul dapat menjadi leader keluarganya. Belum lagi Om selalu sayang dengan keponakan-keponakannya. Semasa daku ama Kak masih SD kalo daku bepergian baik cuma mo ngabisin weekend di tempet Om ato mudik ke Palu kalo lagi liburan, Om dengan care-nya nganter-jemput kami. Belum lagi Om ga pernah keberatan mengajak adek-adek sepupu yang masih balita ke kampusnya bila dititipin ama Tante -kakaknya Om-, tak ada rasa malu ataupun enggan bila berhubungan dengan hal keponakannya. Kadangkala daku sampai berpikir Om seperti kehilangan masa mudanya hanya untuk mengurus dan menemani keponakannya. Beliau orang yang tulus.

Kehilangan, pasti. Tuhan sudah memutuskan, apa daya manusia bila Tuhan sudah memilih hambaNya untuk kembali ke sisiNya.

Merasa kembali diingatkan, begitu tidak berdayanya manusia dihadapanNya. Banyak rencana dan cita-cita yang sudah direncanakan manusia tapi hanya Tuhan yang memiliki kendali diatas kendali. Jadi ingat penggalan firmanNya yang intinya bila Tuhan telah mengatakan terjadi maka terjadilah -"Qun fa yaqun" kalo ga salah-. Kecilnya manusia.

Ternyata dibalik kehilangan Om tetap saja daku mendapatkan berkah -orang baek akan selalu terkenang kebaekannya dan mendatangkan kebaekan juga bagi orang disekelilingnya-. Diingatkan untuk kembali 'rendah diri'. Ga punya kuasa atas umur daku, tapi daku punya kuasa untuk menentukan jalan apa yang daku lalui selama hidup ini. Tinggal bagaimana daku bisa 'membawa' diri. Jadi bertanya pada diri apakah daku sudah cukup baek??? pada saat daku tiada orang akan mengenang daku sebagai orang yang bagaimana??? akankah orang yang baek ato buruk??? hanya akan terjawab pada saatnya dan entah akankah daku mengetahuinya atau tidak...

No comments: