Wednesday, June 25, 2008

go sk8rin' day!!!

Kemaren weekend daku sempetin pulang ke jogja, selaen mumpung ada temennya pulang daku perlu ngembaliin lapie kak yang kemaren daku repair. Padahal planning awal maunya mudik, but in last minute Ma said ga usah mudik dulu, rencana acara keluarga pending.

Hengkang dari semarang jum'at malem, syukur sampe di jogja sekitar jam 9 malem -brrrrrrr jogja lagi dingin-dinginnya, pa lagi rumah daku termasuk daerah atas-. Ampe rumah chit-chat bentar ama kak, trus langsung tepar.

Sabtu time to bed rest. Hibernasi. Tapi berhubung ni bukan ordinarysaturday -tanggal 21 Juni gitu.....-, mean it's time to go skateboarding day yippy!!! Walo daku bukan skatergirl, cuma penikmat dan penggagum temen-temen skater -plus sponsor kecil-kecilan untuk salah satu skaterboy-. Planning dibuat, pagi Dede cabut, kumpul ma temen-temen sebelum touring. Daku nunggu kode buat nyusul ke balkot. Ceritanya mo jadi sie-dokumentasi, yah jadi fotografer dadakan gitu deh.....

Jam 2 siang rencananya daku menuju balkot, tapi ternyata batal. Tau-tau pala ni kerasa pusiang buanget. Aduh........
Sedih, kecewa, ga bisa ikut touring temen-temen skater. Malem buat ngobatin kekecewaan daku, kak ngajak keluar. Bertiga dengan temen kak pergi keliling jogja dikit. Last destination pergi ke Museum Budaya -bener kah tuh nama, daku ga jelas sih, pokoknya yang deket pasar bringharjo tuh, kan lagi ada FKY XX-.

Di sono ternyata ada anak-anak skater juga -tapi ga jelas dari skater mana, wondering kok mereka ga ikut touring skate ya???-, bahkan di depan gedung ada semacam halfpipe-mini-nya -lupa daku istilahnya, masalahnya kalo halfpipe kok terlalu landai ya???-

Masuk ke gedung, liat-liat lukisan. Keren-keren deh. Walo daku bukan orang seni dan ga yakin berjiwa seni juga, sebagai orang awam daku bisa berkomentar kalo karya seni yang dipamerkan bisa dinikmati -bahkan seperti daku yang buta akan seni-. Satu karya lukis yang membuat daku berdecak kagum, yaitu sepasang lukisan yang secara sekilas jelas-jelas melukiskan 2 batang rokok yang tersulut. Dengan background item -mungkin faktor item ni juga yang mempengaruhi penilaian positif dari daku HaHa-, sebatang puntung rokok yang sedang menyala dimasing-masing kanvas kelihatan biasa saja, pikiran awal hanya "Oh gambar puntung rokok doang, tapi kenapa ada dua lukisan??? -walo tuh puntung rokok berbeda jenis rokoknya-", penasaran daku dekatin buat liat title dari lukisan itu.

Titlenya "Adam dan Hawa" -kalo ga salah-, loh kok bisa Adam dan Hawa? apa hubungannya dengan puntung rokok?? apakah dengan menggambarkan dua puntung rokok yang berbeda tersebut menggambarkan rokok yang biasa dikonsumsi cowok atau cewek??? -secara daku bukan penikmat rokok-. Bertanya-tanya, penasaran, ga nemu jawabannya.

Berpindah ke lukisan laen. Waktu berjalan menjauh dari lukisan itu ternyata baru nangkep apa yang dimaksud dengan 'adam dan hawa'nya. Luput dari perhatian daku kalo ternyata asap rokok yang dilukiskan membentuk siluet body cowok dan cewek. Brilliant, si pelukis -yang escape namanya dari otak daku- dengan 'halusnya' dapat melukiskan siluet tersebut menggunakan ide asap rokok, asli daku salut banget -inget nih komentar orang awam-. Memang kalo dari deket ga begitu keliatan, karena lukisan rokok yang mendominasi 'timbul', kalo liatnya dari jarak 2 meter baru keliatan jelas tuh siluet -kasus daku-, bahkan lukisan rokok cenderung 'tenggelam' dibanding siluet asap rokok. Skali lagi kuerennnn......

Jam 9-an ternyata gedung mo ditutup, kecewa lom tuntas melihat karya seni yang dipamerkan, bertekad besok kembali lagi buat ngelanjutin tournya.

Minggu malem, bareng kak kembali ke pusat budaya tuh. Sekitar jam setengah delapan sampai sono. Baru memasuki area gedung, beberapa orang yang daku yakin anak-anak seni -dan bersyukur banget mereka 'menarik', *cuci-mata mode on* Huahahaha.....-, 'menyambut' kami dengan ramah -beruntungnya...... HoHo-. They said:"Mbak buruan acaranya mo dimulai sekitar 2 menit lagi loh, cepetan mbak pintunya dah mo ditutup, langsung aja ke atas", acara apa? pintu yang mana? bingung, ga jelas, tapi terprovokasi untuk buru-buru naek ke atas, daku langsung bergegas -dengan sedikit adegan tarik-menarik kak buat buruan naek tangganya-.

Sampe di atas disambut panitia. Diberi brosur, masuk ke gedung, cari tempet duduk, baca brosur. Oww ternyata lagi ada performance tari temen-temen dari Jepang. Mengusung title "We're gonna go dancing" -kalo ga salah lagi-. Acara dibagi menjadi empat panel. Menarik buanget...

Cerita tentang dancing-nya menyusul. Asli ga nyesel bisa ngenyaksiin FKY XX...

No comments: