Thursday, March 6, 2008

a glance over bout infopath

Infopath suatu tools -ato aplikasi??? ga yakin buat ngistilahinnya...- yang ditawarkan oleh Ms. Office 'serbaguna' dan 'powerfull' for gathering data or information, yang ternyata juga luput dari pengetahuan zuna. Untuk pemahaman awam yang zuna dapet, Infopath digunakan untuk membuat elektronik form.

Dari yang zuna tangkep sejarahnya dimulai dari Ms. Office Infopath 2003 > Ms. Office Infopath 2003 SP1 > Ms. Office Infopath 2007. Dengan juga sama ga yakinnya kalo perbedaan feature antara ketiga generasi tersebut, kalo ga salah yang Infopath 2007 itu didukung oleh Infopath Form Services sedangkan generasi sebelumnya belum, dengan adanya form services tersebut user client dapat mengakses form template dimanapun, kapanpun dengan device apapun tanpa melakukan installasi Infopath client di sisi user client, bahkan dengan OS berbeda2 pun tetep bisa dengan browsernya masing-masing.

Sekedar catetan aja bedakan antara form template dengan data form. Infopath menyediakan form template, yang artinya hanya berupa tampilan form (UI) sedangkan data yang dimasukkan oleh user -disebut data form ato ada juga yang ngistilahin data source- akan disimpan di DB, web service, xml file ato sharepoint list tergantung dari tempat penyimpanan form.



Mungkin ini aja dulu catetan kecil zuna.
Kalo salah-salah mohon dikoreksi.......

No comments: