Thursday, June 12, 2008

incident NTLDR

Konyol, sebel, heran, bertanya-tanya tu yang daku rasain dua hari yang lalu. Gimana ga bad mood gitu tau-tau aja pc yang daku pake ga bisa digunain. Mo tau penyebabnya???
File NTLDR is missing nah loh?!!! *&%#@!$*

Gimana bisa coba?
Padahal sehari sebelumnya daku ga ngelakuin yang 'aneh-aneh' ama pc tersebut. Sekitar jam 17.30 balik, shutdown normal seperti biasanya dan tentu berjalan sukses seperti biasanya, pulang tanpa 'perasaan curiga' apapun -ga da feeling bakal kacau kayak gitu-. Tanya sini-tanya situ gimana cara ngefixin tuh pc.

Finally dapet ide dari temen, caranya? cobalah untuk mereplace file NTLDR yang missing tadi. Ok dapat solusi, berarti tugas daku menemukan 'jalan' untuk mereplace file tersebut.
Hmmmm.......

Cara pertama coba repair dengan fasilitas dari Windows.
Problem: optical drive yang ada di pc error -arghh.........-, gimana mo booting lewat CD coba??? finally dengan harap-harap cemas mencoba memakai optical drive external -khawatir ga mo detect-, untungnya ternyata mo juga booting dari optical drive external -pfiuhhh.....-
Hasil: batal merepair dikarenakan opsi untuk repair ga da -nah loh.......-
But, atleast daku bisa masuk ke command prompt-nya walau sebatas folder c:\Wimndows doang. Toh file NTLDR memang letaknya di folder ini.

Cara kedua copy manual file NTLDR 'yang sehat' lewat command prompt.
Problem: mo copy file dari mana??? untungnya ada temen yang pake OS yang sama dengan daku, pinjem pc-nya, copy fil NTLDR, burning file tersebut ke CD -masalahnya hanya bisa baca dari CD-, mencoba dicopykan.
Hasilnya: tetep gatot -waduh.........- apa yang salah coba???

Cara ketiga install OS baru pada partisi lain, trus copykan file NTLDR dari OS di partisi tersebut ke partisi C (letak OS lama) -petuah dari Boss-.
Problem: daku ragu ntar kalo OS dah diinstal di partisi laen, ntar kalo booting apa ga langsung nuju ke OS baru tersebut? apa ada opsi buat milih OS yang mo dipake -dual OS gitu...-
Hasil: skali lagi gagal, tetep aja ga bisa 'menggantikan kedudukan' file yang hilang itu.

Kabar baeknya daku bisa mengakses data-data daku. Lakuin backup data, bermodalkan 'ngerampok' pc temen, titip data disono, check apa smua data dah 'diselamatkan', ngerasa yakin dah ok semua -walo data di sharepoint ga bisa dibackup, hiks....hiks..... ilang deh catetan daku-. Menetapkan ati buat install ulang pc.

Ngelakuin clean instalasi. Jadi semua partisi daku delete, trus baru buat partisi baru, next nginstal OS.

Dua hari daku gunain buat recover tuh pc, dari yang 'mencoba-coba perbaikan file yang ilang', 'menyelamatkan data-data daku', 'membangun pc kembali' -rd: install semua software-software yang dibutuhin-, ampe 'reload pc dengan data daku yang lama'.
Pfiuhh..... pengalaman yang melelahkan.

Tapi untung juga tuh ada kejadian ni, daku jadi pernah 'barmain-main' di command prompt .....
HaHa

2 comments:

Anonymous said...

:))

Mba....
he, keren deh.. uda nyoba segala hal macam2,, btw..

kalo ima solusinya just have one, "INSTALL ULANG" hahaaa...

btw, uda ngalamin 2x kaya gitu, orang2 ditanyai cuma, "ya uda install aja"..

aduuuhh... padahal mesti intall program2 yang dibutuhi sama ima, kan lama juga...

cape deh...

btw.. makasih ya mba chattingnya jadi ngerti deh ^^

Anonymous said...

capek dech...hihihi