Tuesday, June 3, 2008

never-ever losing u'r view all content

Kemaren ada end user yang menanyakan bagaimana cara mengganti gambar dan teks pada halaman muka dari site unitnya. Berhubung daku rada lupa bagaimana template site unit tersebut, akhirnya daku diperkenankan buat ngeremote -gimana mo ngasih step buat merubah gambar dan teksnya kalo daku sendiri ga ngerti bentuk template yang dipakai-.

Pada saat daku akses ke site unit tersebut -tentu dengan privilege sebagai tertinggi yaitu system account-, satu hal yang membuat daku bertanya-tanya kok pada unit tersebut si end user lom bisa ngerubah tampilan halaman muka, sedangkan pada unit lain sudah bisa -daku sempet liat-liat bentar ke site unit lainnya-, idealnya kalo temen si end user tadi dah bisa ganti tampilan, bisa saja kan end user tersebut bertanya ke temennya???

Ternyata kecurigaan daku terjawab, pada saat daku mo ngakses ke Pages library link tersebut langsung masuk ke setting library -nah loh!!!.......- gimana bisa coba???

Praduga pertama si end user 'dengan tidak sengaja' telah menghapus halaman muka -default.aspx-, tapi kecurigaan ini terbantahkan karena user masih bisa masuk ke halaman muka -nah loh lagi!!!.....-. Aneh kan? terus dimana letak file default.aspx-nya???

Skenario pertama daku coba liat lewat Structure and Content -kalo ga salah- pokoknya mo liat site hirarki kayak bentuk windows explorer itu loh. Pada saat daku masuk ke site unit tersebut pada Pages library tidak ditampilkan satu file pun, gimana bisa coba???
Padahal dari url untuk halaman muka site tersebut masih mengarah pada library Pages -terlintas dibenak daku, wow file-filenya punya kemampuan 'tak terlihat' seperti difilm-film manusia invisible, keren kan tuh file?-

Praduga kedua si end user 'dengan kreatifitasnya' melakukan perubahan pada setting library Pages.

Skenario kedua daku mencoba mencocokan setting library Pages unit ini dengan unit lainnya yang 'normal'. Hasilnya ga da yang salah, ga da yang dirubah, semua normal aja -hmmm......???-

Praduga ketiga -masih mikir......-

Praduga ketiga -tetep masih mikir......-

Praduga ketiga -dengan sedikit putus asa, masih berusaha untuk mikir......-, pada saat daku kembali melihat-lihat di Structure and Contentnya tau-tau temen daku nyeletuk, kok ga da view all contentnya ya???
Akhirnya daku menemukan praduga ketiga, yaitu si end user 'dengan begitu kreatifnya' telah menghapus view all content.

Skenario ketiga daku recreate view all content dari library Pages. Caranya masuk ke setting Pages library pada bagian bawah dari halaman setting, pilih opsi create view. Dengan mencontek view all content dari unit lain daku mencoba membuat yang view yang baru. Pada saat daku mo replace view tersebut menjadi default di url Allitems, ternyata ditolak mentah-mentah oleh system karena url tersebut sudah dipakai -again, nah loh...... pada dimana view tersebut-.

Untuk saat ini daku cuekin dulu kasus dimana-sebenarnya-viewallcontent dan kasus bagaimana-bisa-enduser-menghapus-viewdefault-dari-system, goal daku si end user bisa mengganti tampilan halaman muka. Dengan view baru yang udah daku buat atleast problem gimana-caranya-enduser-bisa-akses-file-default.aspx resolved.

Pfiuhhh..... hal sepele dengan menghilangnya view all content, daku dibuat puter otak. Yang salutnya gimana caranya si end user bisa ngilangin view default bawaan dari system tersebut??? karena daku ndiri ga tau gimana caranya ngilangin view tersebut, hebat juga si end user..... perlu berguru ke beliaunya nih ^_^

No comments: